Nama : Anisah Firdaus
NIM : 1305923
Mata Pelajaran : Teori Belajar
dan Pembelajaran
Taksonomi Bloom
Taksonomi Bloom
Taksonomi yang dibuat untuk tujuan pendidikan telah lama dikembangkan, dan
tokoh yang begitu terkenal dengan konsep taksonominya adalah Benjamin, S.
Bloom. Sehingga taksonomi pendidikan yang cetuskannya diabadikan dengan sebutan
nama penemunya yaitu Taksonomi Bloom.
Secara teoritis, menurut taksonomi Bloom ini, tujuan pendidikan dibagi ke
dalam tiga domain, yaitu:
- Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
- Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
- Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Dari setiap ranah tersebut dibagi kembali menjadi beberapa
kategori dan subkategori yang berurutan secara hirarkis (bertingkat), mulai
dari tingkah laku yang sederhana sampai tingkah laku yang paling kompleks.
Tingkah laku dalam setiap tingkat diasumsikan menyertakan juga tingkah laku
dari tingkat yang lebih rendah, seperti misalnya dalam ranah kognitif, untuk
mencapai “pemahaman” yang berada di tingkatan kedua juga diperlukan
“pengetahuan” yang ada pada tingkatan pertama.
1 . Ranah
Kognitif
Pada dasarnya Kognitif adalah kemampuan intelektual
siswa dalam berpikir, menegtahui dan memecahkan masalah. Menurut Bloom, segala
upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.
Ranah kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya
kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan
kemampuan mengevaluasi Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau
jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang
paling tinggi.
Berikut adalah kenam jenjang ranah
kognitif :
- Pengetahuan (Knowledge) Adalah kemampuan seseorang untuk mengingat-ingat kembali (recall) atau mengenali kembali tentang nama, istilah, ide, rumus-rumus, dan sebagainya, tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunkannya. Pengetahuan atau ingatan di sebut sebagai proses berfikir yang paling rendah.
- Pemahaman (Comprehension) Adalah kemampuan untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Dengan kata lain, memahami adalah mengetahui tentang sesuatu dan dapat melihatnya dari berbagai segi. Seseorang peserta didik dikatakan memahami sesuatu apabila ia dapat memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang hal itu dengan menggunakan kata-katanya sendiri.
- Aplikasi (Application) Adalah kemampuan menggunakan atau menerapkan materi yang sudah dipelajari pada situasi yang baru dan menyangkut penggunaan aturan dan prinsip. Penerapan merupakan tingkat kemampuan berfikir yang lebih tinggi daripada pemahaman.
- Analisis (Analysis) Adalah kemampuan untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan di antara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan faktor-faktor lainnya.
- Sintesis (Synthesis) Adalah kemampuan berfikir yang merupakan kebalikan dari proses berfikir analisis. Sisntesis merupakan suatu proses yang memadukan bagian-bagian atau unsur-unsur secara logis, sehingga menjelma menjadi suatu pola yang yang berstruktur atau berbentuk pola baru.
- Evaluasi (Evaluation) Adalah merupakan jenjang berpikir paling tinggi dalam ranah kognitif dalam taksonomi Bloom. Penilian/evaluasi disini merupakan kemampuan untuk membuat pertimbangan terhadap suatu kondisi, misalnya jika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan maka ia akan mampu memilih satu pilihan yang terbaik sesuai dengan patokan-patokan atau kriteria yang ada.
2 . Ranah
Afektif
Ranah
afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif
mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya
bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri
hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah
laku.
Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu:
Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu:
- Penerimaan (Receiving/Attending) Penerimaan atau Receiving adalah kepekaan seseorang dalam menerima rangsangan (stimulus) dari luar yang datang kepada dirinya dalam bentuk masalah, situasi, gejala dan lain-lain. Termasuk dalam jenjang ini misalnya adalah: kesadaran dan keinginan untuk menerima stimulus, mengontrol dan menyeleksi gejala-gejala atau rangsangan yang datang dari luar. Receiving atau attenting juga sering di beri pengertian sebagai kemauan untuk memperhatikan suatu kegiatan atau suatu objek. Pada jenjang ini peserta didik dibina agar mereka bersedia menerima nilai atau nilai-nilai yang di ajarkan kepada mereka, dan mereka mau menggabungkan diri kedalam nilai itu atau meng-identifikasikan diri dengan nilai itu.
- Tanggapan (Responding) Tanggapan atau Responding mengandung arti “adanya partisipasi aktif”. Jadi kemampuan menanggapi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengikut sertakan dirinya secara aktif dalam fenomena tertentu dan membuat reaksi terhadapnya salah satu cara. Jenjang ini lebih tinggi daripada jenjang receiving.
- Penghargaan (Valuing) Menilai atau menghargai artinya memberikan nilai atau memberikan penghargaan terhadap suatu kegiatan atau obyek. Dalam kaitan dalam proses belajar mengajar, peserta didik disini tidak hanya mau menerima nilai yang diajarkan tetapi mereka telah berkemampuan untuk menilai konsep atau fenomena, yaitu baik atau buruk. Bila suatu ajaran yang telah mampu mereka nilai dan mampu untuk mengatakan “itu adalah baik”, maka ini berarti bahwa peserta didik telah menjalani proses penilaian.
- Pengorganisasian (Organization) Mengatur atau mengorganisasikan artinya mempertemukan perbedaan nilai sehingga terbentuk nilai baru yang universal, yang membawa pada perbaikan umum. Mengatur atau mengorganisasikan merupakan pengembangan dari nilai kedalam satu sistem organisasi, termasuk didalamnya hubungan satu nilai denagan nilai lain., pemantapan dan perioritas nilai yang telah dimilikinya
- Karakterisasi Berdasarkan Nilai-nilai (Characterization by a Value or Value Complex) Ini lebih mengacu kepada karakter dan daya hidup sesorang. Tujuan dalam kategori ini ada hubungannya dengan keteraturan pribadi, sosial dan emosi jiwa. Yaitu keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki oleh seseorang, yang mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah lakunya. Nilai itu telah tertanam secara konsisten pada sistemnya dan telah mempengaruhi emosinya. Pada jenjang ini peserta didik telah memiliki sistem nilai yang mengontrol tingkah lakunya untuk waktu yang lama, sehingga membentu karakteristik “pola hidup” tingkah lakunya menjadi lebih konsisten, menetap dan lebih mudah diperkirakan.
3. Ranah
Psikomotor
Ranah psikomotor adalah
kemampuan yang dihasilkan oleh fungsi motorik manusia yaitu berupa keterampilan untuk melakukan sesuatu. Keterampilan melakukan sesuatu
tersebut, meliputi keterampilan motorik, keterampilan intelektual, dan
keterampilan sosial. Rincian dalam domain ini tidak dibuat oleh Bloom, namun dibuat oleh ahli lain tetapi tetap berdasarkan pada
domain yang dibuat Bloom. Ranah psikomotorik ini dikembangkan
oleh Simpson, dan klasifikasi ranah psikomotorik tersebut adalah:
- Persepsi (Perception) Penggunaan alat indera untuk menjadi pegangan dalam membantu gerakan. Persepsi ini mencakup kemampuan untuk mengadakan diskriminasi yang tepat antara dua perangsang atau lebih, berdasarkan pembedaan antara ciri-ciri fisik yang khas pada masing-masing rangsangan. Adanya kemampuan ini dinyatakan dalam suatu reaksi yang menunjukkan kesadaran akan hadirnya ransangan (stimulasi) dan perbedaan antara seluruh rangsangan yang ada.
- Kesiapan (Set) Kesiapan fisik, mental, dan emosional untuk melakukan gerakan. Kesiapan mencakup kemampuan untuk menempatkan dirinya dalam keadaan akan memulai suatu gerakan atau rangakaian gerakan. Kemampuan ini dinyatakan dalam bentuk kesiapan jasmani dan rohani.
- Guided Response (Respon Terpimpin) Tahap awal dalam mempelajari keterampilan yang kompleks, termasuk di dalamnya imitasi dan gerakan coba-coba.
- Mekanisme (Mechanism) Membiasakan gerakan-gerakan yang telah dipelajari sehingga tampil dengan meyakinkan dan cakap. Ini mencakup kemampuan untuk melakukan suatu rangakaian gerakan dengan lancer karena sudah dilatih secukupnya tanpa memperhatikan contoh yang diberikan.
- Respon Tampak yang Kompleks (Complex Overt Response) Gerakan motoris yang terampil yang di dalamnya terdiri dari pola-pola gerakan yang kompleks. Gerakan kompleks mencakup kemampuan untuk melaksanakan suatu ketrampilan, yang terdiri atas beberapa komponen, dengan lancar, tepat dan efisien. Adanya kemampuan ini dinyatakan dalam suatu rangkaian perbuatan yang berurutan dan menggabungkan beberapa subketrampilan menjadi suatu keseluruhan gerak-gerik yang teratur.
- Penyesuaian (Adaptation) Keterampilan yang sudah berkembang sehingga dapat disesuaikan dalam berbagai situasi. Adaptasi ini mencakup kemampuan untuk mengadakan perubahan dan menyesuaikan poila gerak-gerik dengan kondisi setempat atau dengan menunjukkan taraf ketrampilan yang telah mencapai kemahiran.
- Penciptaan (Origination) Membuat pola gerakan baru yang disesuaikan dengan situasi atau permasalahan tertentu. Penciptaan atau kreativitas adalah mencakup kemampuan untuk melahirkan aneka pola gerak-gerik yang baru, seluruhnya atas dasar prakarsa dan inisiatif sendiri.
Selain Sympson, Dave
juga mengemukakan pendapat terkait domain psikomotor, Khusus keterampilan
motorik Dave (1967), membaginya dalam lima jenjang, yaitu: peniruan,
penggunaan, ketepatan, perangkaian, dan naturalisasi. Klasifikasi ranah psikomotor dijabarkan sebagai berikut
:
- Peniruan (Imitation) adalah mengamati perilaku dan pola setelah orang lain. Kinerja mungkin kualitas rendah.
- Penggunaan (Manipulation) adalah mampu melakukan tindakan tertentu dengan mengikuti instruksi dan berlatih.
- Ketepatan (Precision) adalah mengulangi pengalaman serupa agar menuju perubahan yang ke arah yang lebih baik.
- Perangkaian (Articulation) adalah koordinasi serangkaian tindakan, mencapai keselarasan dan konsistensi internal.
- Naturalisasi (Naturalitation): Setelah kinerja tingkat tinggi menjadi alami, tanpa perlu berpikir banyak tentang hal itu.
Referensi :
http://sumardi28.blogspot.com/2011/01/ranah-penilaian-kognitif-afektif-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom
http://elearning.milaulas.com/mod/page/view.php?id=25
http://sumardi28.blogspot.com/2011/01/ranah-penilaian-kognitif-afektif-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom
http://elearning.milaulas.com/mod/page/view.php?id=25
terimakasih. bener-bener ngebantu tugas saya di kampus. thanks untuk post nya. :)
BalasHapusijin copas y
BalasHapusJangan bikin sendiri bego
HapusIya jangan
Hapusbagus
BalasHapusmakasih apa yang saya cari ada di blog ini. mohon ijin kopy ya
BalasHapustrimakasih untuk informasinya....
BalasHapuslike this
BalasHapusTrims :)
BalasHapuskereeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
BalasHapusizin kopas
BalasHapusizin kopas
BalasHapuscari tentang pemahaman peserta didik...ada di sini...izin copy
BalasHapusizin copy ya.....mksh
BalasHapusMantaaf ulasannya..ilmiah banget
BalasHapusizin copas ya mba. terima kasih
BalasHapuskamu menyelamatkan proposalkuuuu icaaaaaa heueheu :p
BalasHapusnuhun kang emil
kokgak bisa dicopas ya
BalasHapusterimakasih
BalasHapusterimakasih :)
BalasHapusterimakasih infonya
BalasHapusterimakasih infonya
BalasHapusizin copAS
BalasHapusmembantu banget buat saya ,, izin copas ya ?
BalasHapusijin cofas ya mbak
BalasHapuskak saya pengen copas tp kok gak bisa ya ? :'(
BalasHapuskak saya pengen copas tp kok gak bisa ya ? :'(
BalasHapusJazakillah...
BalasHapusTULISAN YG DI UNNGAH SANGAT MEMBANTU KAMI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI UNTUK MEMBEKALI PESERTA DIDIK
BalasHapusIca lengkap banget pas nyari pertama ketemunya ini
BalasHapusbagus, bleh copas?
BalasHapusijin copy paste. terima kasih banyak, web ini sangat membantu
BalasHapusizin copas yahhh
BalasHapusterimakasih sangat membantu :)
BalasHapusMANTULLLLL
BalasHapusKOK GA BiSA DI AMBIL YAA DATA NYA
BalasHapusIzin copas
BalasHapusMake me know it , and thaks before
BalasHapusSangat membantu, trima kasih ya
BalasHapusIZIN COPAS
BalasHapusizin copas... matursuwun
BalasHapusSodomi nyaman
BalasHapusizin copas
BalasHapusizin copas
BalasHapusizin copas
BalasHapusizin copas
BalasHapusIZIN COPAS
BalasHapusAwesome article, it was exceptionally helpful! I simply began in this and I'm becoming more acquainted with it better! Cheers, keep doing awesome! 먹튀검증
BalasHapusfantastic points altogether, you just gained emblem reader. What would you suggest in regards to your post that you made a few days ago? Any certain? 검증사이트
BalasHapusmaksih bantu bngt buat ngerjain uts wkwkkw. jihan sulis fitri
BalasHapusTerimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Saya sangat senang melihat masalah ini menjadi efektif. Ini seperti mimpi bagi saya. cari arti mimpi
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus