Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

Rabu, 11 Desember 2013

Identifikasi Masalah Dalam Pendidikan & Peta Konsep

Nama : Anisah Firdaus
NIM : 1305923
Mata Pelajaran : Teori Belajar dan Pembelajaran

Masalah dalam Pendidikan Indonesia

Indonesia semakin hari kualitasnya makin rendah. Berdasarkan Survey United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), terhadap kualitas pendidikan di Negara-negara berkembang di Asia Pacific, Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara. Sedangkan untuk kualitas para guru, kulitasnya berada pada level 14 dari 14 negara berkembang.

Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik di Indonesia, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.

Selain itu kurikulum hanya didasarkan pada pengetahuan pemerintah tanpa memperhatikan kebutuhan masyarakat. Pendidikan tidak mampu menghasilkan lulusan yang kreatif. Ini salahnya, karena kurikulum dibuat di Jakarta dan tidak memperhatikan kondisi di masyarakat bawah. Jadi, para lulusan hanya pintar cari kerja dan tidak pernah bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, padahal lapangan pekerjaan yang tersedia terbatas.

Kualitas pendidikanIndonesia sangat memprihatinkan. Berdasarkan analisa dari badanpendidikan dunia (UNESCO), kualitas para guru Indonesia menempati peringkat terakhir dari 14 negara berkembang di Asia Pacifik. Posisi tersebut menempatkan negeri agraris ini dibawah Vietnam yang negaranya baru merdeka beberapa tahun lalu. Sedangkan untuk kemampuan membaca, Indonesia berada pada peringkat 39 dari 42 negara berkembang di dunia. Lemahnya input quality, kualitas guru kita ada diperingkat 14 dari 14 negara berkembang. Ini juga kesalahan negara yang tidak serius untuk meningkatkan kualitas.

Berkenaan dengan penjelasan tersebut munculah masalah-masalah umum dalam Pendidikan Indonesia, yaitu :

1. Rendahnya Kualitas Sarana Fisik
2. Rendahnya Kualitas Guru
3. Rendahnya Kesejahteraan Guru
4. Kurangnya Pemerataan Kesempatan Pendidikan
5. Rendahnya Relevansi Pendidikan dengan Kebutuhan
6. Mahalnya Biaya Pendidikan

Berdasarka Permasalahan Umum di atas maka munculah sub-sub masalah dalam pendidikan di Indonesia :

1. Dalam Rendahnya Kualitas Sarana Fisik, maka masalah-masalah yang akan di Hadapi Adalah :
  • Kurangnya minat belajar pada siswa
  • Kurang efektifnya guru dalam memaksimalkan pengajaran
  • Sarana dan prasarana yang kurang dapat menghambat proses belajar
  • Rendahnya Prestasi Siswa


2. Dalam Rendahnya Kualitas Guru, maka akan timbul masalah-masalah sebagai berikut :
  • Banyak Guru belum memiliki profesionalisme yang memadai
  • Banyak guru yang tidak memenuhi kualitas mengajar (under quality). Karena ketidaksesuaian bidang studi yang di kuasai dengan pelajaran yang harus diberikan kepada anak didik
  • Berdampak pada mutu Guru yang rendah di Negara Indonesia


3. Dalam Rendahnya Kesejahteraan Guru, maka akan timbul masalah-masalah sebagai berikut :
  • Berdampak pada rendahnya pendidikan Indonesia
  • Kesenjangan kesejahteraan guru swasta dan negeri 


4. Dalam Kurangnya Pemerataan Kesempatan Pendidikan, akan timbul masalah-masalah sebagai berikut :
  • Menghambat pengembangan sumber daya manusia secara keseluruhan.
5. Dalam Rendahnya Relevansi Pendidikan dengan Kebutuhan, akan timbul juga masalah seperti :
  • Ketidakserasian antara hasil pendidikan dan kebutuhan dunia kerja
  • Banyak anak yang putus sekolah dan tidak memiliki keterampilan hidup
  • Penyebab dari banyak munculnya pengangguran


6. Dari Mahalnya Biaya Pendidikan, akan timbul masalah-masalah seperti :
  • Keterbatasan dalam memperoleh pendidikan sehingga banyak anak yang tidak mendapat bangku sekolah.
Banyak sekali faktor yang menjadikan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Faktor-faktor yang bersifat teknis diantaranya adalah rendahnya kualitas guru, rendahnya sarana fisik, mahalnya biaya pendidikan, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, kurangnya pemerataan kesempatan pendidikan. Namun sebenarnya yang menjadi masalah mendasar dari pendidikan di Indonesia adalah sistem pendidikan di Indonesia itu sendiri yang menjadikan siswa sebagai objek, sehingga manusia yang dihasilkan dari sistem ini adalah manusia yang hanya siap untuk memenuhi kebutuhan zaman dan bukannya bersikap kritis terhadap zamannya. Salah satu cara yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak tertinggal dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia yang terlahir maka akan semakin baik pula mutunya dan akan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional. 



 Berikut adalah peta konsep dalam Masalah Pendidikan Indonesia :














1 komentar: